Penemu Sistem UNIX

0 comments
UNIX berawal dari  dikeluarkannya produk AT&T  dimana ijin kode sumbernya dan hak patennya dari berbagai penjual (Vendor). Pada saat ini UNIX  adalah salah satu cabang yang mengacu pada X/Open dan kode sumber asli yang dimiliki oleh The Santa Cruz Operation (SCO).

Banyak para penjual yang dapat permintaan tes dengan imbalan dapat menggunakan nama UNIX dengan gratis.

Sehubungan dengan usaha ini, yang biasa disebut POSIX telah dibangun untuk menjelaskan bagaimana sistem seperti UNIX.

Hal itu, yang termasuk dalam POSIX mendukung operasi standar antar penghubung. Ini relatif mudah untuk memasang software aplikasi dengan menggunakan POSIX system ke system POSIX yang lainnya. Biar bagaimanapun juga, hal tersebut tidak berarti  kode sumber harus cocok atau sesuai dengan jaringannya.

Pemakai keputusan ini bersifat umum dimana, penyedia (vendor) spesialis mengembangkan jenis system operasi yang hanya dapat dijalankan pada perangkat keras mereka   dan tidak ada peningkatan.

Contoh dari sistem ini adalah :

• HP/UX untuk sistem komputer Hawlet Packard.
• Solaris untuk Sun dan SPARC untuk sistem komputer yang kompatible.
• IRIX untuk sistem komputer silicon graphichs
• Digital UNIX untuk sistem komputer Digital Alpha
• AIX untuk sistem komputer IBM

SCO juga menawarkan SCO UNIX untuk personal komputer yang berbasis Intel X86 dan chip yang kompatible.

SCO UNIX berbeda dari system yang ada dalam bahasan ini karena SCO tidak membuat  perangkat keras ( hardware ). ini berarti anda harus punya hardware yang menggunakan system standar paling rendah  dengan arsitektur X86.  

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dari system ini adalah
• Koneksi yang sangat baik---UNIX menjadi sistem operasi  dari internet dan dunia WWW mempunyai pilihan konektivitas.
• Kestabilan ---Dengan lebih dari 25 tahun dipasaran, Sistem UNIX menjadi sangat  dipercaya, Bagaimanapun UNIX yang telah dimodifdikasi oleh penjual  tetapi tidak mengubah sistem dasar UNIX yang telah digunakan oleh Vendor.
• Ukuran---Teknologi UNIX telah dijalankan dimesin berbasis 8086 PC multimillion dollar Cray Supercomputer.Hal ini membuktikan bahwa UNIX dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan. Garis besar dari pernyataan ini bahwa tidak semua buatan pabrik menawarkan kemampuan mesin diseluruh bidang, Jadi anda harus mngganti penjualan untuk mengubah ukuran mesin.
• Banyak pemakai banyak pekerjaan----UNIX selalu mampu menjalankan banyak program dalam satu waktu dan mendukung banyak pemakai secara simultan. Ini berarti bahwa penyedia pengendali jalan masuk cetak dapat diimplikasikan menggunakan sistem berbasis UNIX.

0 comments: