Jembatan Suramadu

0 comments

Selesainya pembangunan Jembatan Nasional Suramadu yang menjadi penantian lama mulai terjawab sudah. Jumat (5/6) pelaksana proyek telah menyelesaikan pembangunan fisik. Aktifitas pekerja proyek saat ini tengah merampungkan pengerjaan marka jalan pada aspal badan jalan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, Ir AG Ismail MSc mengatakan, marka jalan yang kini tengah diselesaikan yakni berada di Appraoch Bridge sisi Surabaya. Pemasangan marka tersebut kami pastikan akan selesai nanti malam tepat pukul 00.00 WIB (Tgl 5/6/09) .

Target selesainya pelaksanaan fisik pada Jumat, (5/6), adalah sebagai jawaban dari pernyataan Menteri PU, Joko Kirmanto saat kunjungan ke lokasi proyek pada Jumat, (29/5) bersama empat menteri. ”Dengan rampungnya pengerjaan fisik, maka saat ini pembangunan jembatan pertama di Indonesia ini progresnya telah mencapai 100%,” katanya..

Setelah mencapai 100%. Mulai besok, Sabtu (6/6) Jembatan Suramadu mulai disterilkan untuk persiapan peresmian pada 10 Juni mendatang. Dengan selesainya pelaksanaan fisik tersebut, sebagian rambu-rambu lalulintas yang belum terpasang juga akan kami pasang. Rambu-rambu tersebut diantaranya yang terdapat pada bentang tengah, dan jalan akses di sisi Madura. Diantara rambu-rambu tersebut, diantaranya berupa rambu-rambu larangan hewan ternak dan liar melintasi jalan akses, lebih-lebih masuk jembatan.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, tentang alasan peresmian yang diberlokasi di sisi Madura, karena protokoler acara memang telah menetapkan lokasi tersebut.

Seperti diketahui, panjang total Jembatan Suramadu 5.438 m meliputi Causeway sisi Surabaya 1.458 m, Causeway sisi Madura 1.818 m. Sedang untuk bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua Approach Bridge masing-masing 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km. Proyek pembangunan jembatan suramadu mulai dikerjakan pertengahan tahun 2002. (Tim Suramadu)

Semoga dengan selesainya jembatan ini... semakin memudahkan pulau madura untuk berkembang lebih cepat. Yang pasti untuk mencapai pulau madura kita tidak perlu menunggu sekitar 30 menit perjalanan kapal feri, tetapi sekarang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Menurut beberapa sumber besaran nilai tarif yang akan dibayarkan oleh masyarakat akan lebih murah dari harga menyeberang melalui kapal feri. Tarif tersebut akan lebih murah 40-60% dari harga penyeberangan kapal feri.

0 comments: